AMELIA (serta novel serial anak mamak) by Tere Liye


Tebal                     : 397 halaman
Penerbit                : Republika
Tahun                   : 2013

Ini buku terakhir dari serial anak-anak mamak. Buku karya Tere Liye ini sangat-sangat saya rekomendasikan koleksi. Apalagi jika mempunyai anak-anak yang suka membaca novel, maka saya rekomendasikan anak-anak seluruh dunia untuk membaca novel serial anak mamak ini.
Keempat novel serial anak mamak benar-benar menggambarkan perasaan seorang anak. Mulai dari Eliana, anak sulung. Pukat serta Burlian, dan yang terakhir adalah Amelia si Bungsu. Setiap bagian novel menceritakan kisah mereka masing-masing. Dimana setiap kisah yang mereka bawa selalu mengandung sebuah cerita yang penuh dengan kebajikan dan kebijakan (khasnya tere liye banget, mengajarkan sesuatu tanpa terkesan menggurui).

Novel serial anak mamak ini membawa pesan moral yang sangat-sangat bagus yang diramu dan dikemas apik dalam sebuah kisah anak-anak serta berada dalam sudut pandang anak-anak. Jujur, di setiap novel selalu mengajarkan tentang adap terhadap orang tua. Memberitahukan kepada seluruh anak di dunia bahwa kasih sayang seorang ibu itu begitu besar terhadap anak-anaknya. Meskipun dalam sudut pandang si anak, terkadang berpikir bahwa ibu marah karena tidak sayang terhadap anaknya. Padahal, orang pertama yang memikirkan tentang kita (sebagai anak) adalah ibu kita. Disetiap novel dari serial anak mamak pasti ada bagian tentang “kasih sayang mamak”. Dan seringnya bagian itu membuatku meneteskan air mata. Karena, apa yang dialami Eliana, Pukat, Burlian, dan Amelia mengingatkanku pada kehidupan masa kecilku. Masa kecil dari keluarga yang sederhana.
Baiklah, karena ini tentang Amelia. Maka di bagian ini diceritakan tentang Amelia si anak bungsu. Anak bungsu yang seringnya dianggap cengeng, disuruh-suruh serta menjadi ‘penunggu rumah’. Kenapa si bungsu harus menunggu rumah? Tidak seperti kakak-kakaknya yang pergi jauh menuntut ilmu serta mewujudkan cita-cita. Di dalam novel ini, betapa pemahaman mengenai betapa pentingnya membangun rumah kita atau daerah asal kita sendiri disampaikan begitu apik.

 Ah, pokoknya, aku sangat suka novel serial anak mamak ini. Meskipun, di setiap novel ceritanya datar. Tapi setiap bagiannya selalu menarik dan mengajarkan kebaikan serta kebajikan (khas tere liye banget). Recommended dan cocok sekali dijadikan koleksi. Patut dibaca oleh semua kalangan. Bagi orang tua, bisa membaca novel serial anak mamak untuk digunakan sebagai referensi bagaimana mendidik anak dengan kesederhanaan, berakhlak mulia, serta cerdas. Karena keempat anak ini tumbuh besar untuk bersama hutan dan alam, dan mereka diajarkan untuk menyayangi alam. Bagi seorang anak, kau akan tau bahwa cinta kasih seorang ibu itu begitu besar. Sungguh-sungguh besar. Kalau pengen tau gimana, silahkan baca keempat novel serial anak mamak karya tere liye. Selamat membaca. J

 @ayufialfaris

Ambarawa, 15 Februari 2015

#NOVEL #tereliye #resensi #buku #februari

Komentar

Posting Komentar

I will be happy reading your comment and response. Tell me what you think please :D

Postingan Populer