PERTEMANAN ITU….




Kamu tau kenapa kamu enggak punya temen?

Kamu pikir kamu baik-baik saja dengan semua hal yang dilakukan sendiri.
Kamu suka makan sendirian, jalan sendirian, ngurus segala sesuatu sendirian, padahal sebenarnya kamu akan merasa senang kalau ada teman yang menemani.

Kamu pikir kamu menikmati semua hal yang kamu lakukan sendiri.Kamu pikir, dengan dilakukan semuanya sendiri, itu lebih baik, karena kamu pikir kamu tidak akan merepotkan orang lain untuk dimintai tolong. Tidak, kamu tidak suka sendiri. You don’t like being alone, you just like the idea of being alone. 

Kamu pikir semua baik-baik saja karena kamu memang mampu melakukan semua hal sendirian. Iya, kamu memang bisa mengurus semuanya, tapi aku tidak yakin kamu benar-benar menikmati segalanya sendiri. 

Kamu tau kenapa kamu enggak punya temen?
Bukan karena kamu jahat. Bukan karena kamu menyebalkan. Kamu lihat bukan? Mereka semua senang berteman denganmu (setidaknya itu ditunjukkan dengan sikap mereka yang mempercayakan rahasia-rahasia dan cerita-cerita mereka kepadamu). 

Kamu enggak punya temen karena kamu enggak enakan. Kamu enggak enak mau ngajak temenmu untuk makan, karena kamu takut mereka tidak mau atau tidak suka dengan menu makan yang ingin kamu makan. Kamu tidak enak meminta tolong ke temanmu, karena kamu berpikir itu akan merepotkan temanmu. Kamu tidak enak ketika kamu ingin menceritakan masalah dan keluh kesahmu ke temanmu, karena kamu pikir kamu akan menambahi masalah bagi mereka. 

Padahal sebenarnya, hakikat pertemanan adalah meminta tolong dan dimintai tolong.  Kamu merasakan sendiri bahwa ketika kamu dimintai tolong sebenarnya kamu sendiri merasa senang, senang karena merasa dibutuhkan. Begitu juga dengan temanmu, temanmu itu akan merasa berguna ketika kamu tidak segan-segan meminta tolong kepadanya ketika kamu memang sedang butuh bantuan. Temanmu itu akan merasa berguna ketika kamu juga mempercayainya dengan tidak segan-segan berbagi cerita ketika kamu memang butuh cerita. Itulah pertemanan. Meskipun, harus diingat bahwa pertemanan tidak pernah perhitungan, itu terjadi secara otomatis jika kamu berteman. 

Ada yang bilang, dalam pertemanan tidak ada kata maaf dan terima kasih. Kenapa? Karena seorang teman akan selalu memaafkan dan mengingatkan temannya ketika temannya salah, dan seorang teman memang seharusnya saling membantu, da nada ketika temannya butuhkan teman. Itu kenapa, tidak ada kata “maaf dan terima kasih” dalam pertemanan.
Panjang lebar aku menjelaskan. Sekarang, tau kenapa kamu merasa tidak punya teman padahal ada banyak orang disekitarmu yang menyayangimu? 

@ayufialfarisi, Ambarawa, 30 januari 2015


Komentar

Postingan Populer