Jenis - jenis Kopi darI The Espressologist

Ini yang aku dapat dari novel The Espressologist, aku gak bisa ngebayangin gimana bentuk dari masing-masing minuman ini. Mungkin secara tidak tau, aku pernah meminumya, tapi aku senang aku tau. Jadi, jika suatu ketika aku ke coffee shop liat menu-menu ini, dikit-dikit ngertilah :D

Jenis-jenis Kopi menurut "The Espressologist by Kristina Springer"

1. Caffe Americano adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu seloki espresso dengan air panas. Air panas yang digunakan dalam minuman ini adalah sebanyak 6 hingga 8 ons. Nama dari kopi ini pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar espresso mereka dibuat lebih encer.

2. Caffe latte berasal dari bahasa itali caffe latte atau caffeltte, yang berarti kopi dan susu. Minuman ini dibuat dengan mencampur espresso (30/60 ml tergantung pesanan) dengan sus yang telah dipanaskan pada suhu tertentu dan di bagian atas dilapisi dengan foamed milk.

3. Capuccino adalah minuman kopi yang bagian atasnya ditutupi dengan micro-foamed milk. Dalam bahasa Italia, capuchin, yang berarti "gelas kecil". Minuman ini terdiri dari espresso, susu panas dan steamed-milk foam. Perbandingan capuccino adalah 1/3 steamed milk, 1/3 foamed milk, dan 1/3 espresso. Wet dan dry capuccino tidak terlalu berbeda. Dalam wet capuccino mengandung lebih banyak steamed milk daripada frothed milk, sedangkan dry lebh sedikit steamed milk.

4. Caramel Macchiato ada dasarnya adalah cafffe macchiato dengan tambahan karamel di bagian atasnya. Biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau terkadang dengan sedikit tambahan es.

5. Cinamon Mocha adalah mocha dengan tambahan sirup kayu manis, dan disajikan dengan tambahan foam dan taburan kayu manis di atasnya. Minuman ini mengandung cokelat yang lebih sedikit dibandingkan mocha biasa.

6. Enggnog latte adalah latte dan campuran eggnog (minuman telur kocok) yang di steam dengan topping pala yang telah dihapuskan.

7. Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstrasi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau"cepat". Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 derajat celcius dengan tekanan 9 atmosfer.

8. Frappucino (frappy) adalah campuran kopi, es dan beberapa bahan lainnya untuk memberi rasa. Biasanya bagian atasnya diberi whipped cream. Frappuccino bisa disajikan dalam beberapa variasi mislanya, strawberries and creme frappycrap adalah campuran bahan dasar creme dan susu ditambah sirup dan buah strawberry lalu diaduk dengan es.

9./Gingerbread Soy Latte adalah latte dengan campuran sirup ginggerbread. Susu yang digunakan dalam latte ini adalah susu kedelai.

10. Macchiato. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato. Macchiato dalam bahasa Italia memiliki arti "ditandai dengan bercak" dan dinamakan seperti itu karena espresso ditandai dengan sedikit busa yang berasal dari susu di atasnya. Begitu pula dengan latte macchiato, setelah espresso dituang ia akan berada di tengah gelas sehingga terlihat memisahkan susu menjadi 2 bagian.

11. Pumpkin Spice Latte adalah latte dengan campuran sirup vanilla, labu, dan pumpkin pie spice (sejenis campuran rempah-rempah yang menghangatkan seperti jahe, pala, dan kayu, manis).

12. Toffee Nut Latte berbeda dari latte yang biasa, karena adanya "ramuan" tambahan, toffee nut syrup, yaitu sirup manis seperti karamel. Cita rasa toffe yang manis ini berpadu dengan hangatnya espresso dan steamed milk. Minuman ini juga disajikan dalam versi decaf dan rendah lemak.

13. Toffee nut latte adalah latte dengan campuran sirup rasa Toffee nut. hampir mirip dengan kombinasi hazelnut dan vanilla. Disajikan dengan whipped cream dan crinchy toffee sprinkles.

14. Vanilla Latte merupakan kombinasi dari espresso, steamed milk, sirup vanilla, dan milk froth.

15. Zebra mocha campuran setengah mocha biasa dan white mocha. 




@ayufialfarisi
Ambarawa, 19 Januari 2015

Komentar

Postingan Populer