Diam berarti Mati

Hidup itu perlu tantangan. Hidup itu bener-bener bakalan gak asik banget kalau cuma datar-datar aja. Bener kan? Nah, jadi bagi kalian yang sedanga menghadapi masalah, bagi kalian yang sedang kesusahan, tenang saja, karena itu adalah bagian dari petualangan hidupmu yang menyenangkan. Justru masalah yang datang itulah yang akan membuatmu hidup.

Sebuah crita dari bapak Koko, beliau adalah wakil rektor I Universitas Airlangga, beliau bercerita sebuah kisah nelayan di Jepang. Nelayan di Jepang mengalami sebuah masalah berkaitan tentang kesegaran ikan tangkapan. Kita tau bahwa sushi, makanan khas Jepang ada beberapa berasal dari ikan segar. Ketika seorang nelayan menangkap ikan dari berlayar ke laut, kemudian dibawanya ikan itu ke darat. Tapi yang terjadi adalah ikan itu mati, meskipun sudah dikasih es dan sebagainya tapi tetap saja ikan itu mati setelah berada di darat. Kemudian nelayan itu berpikir lagi bagaimana membuat ikan itu tetap hidup sampai ke daratan. Maka nelayan Jepang membuat kolam di dalam perahu. Ditaruhlah semua ikan di kolam itu dalam keadaan hidup. Tapi, sayang sekali sampai daratan ikan itu tetap saja mati. Dan setelah diamati ternyata di dalam kolam, ikan-ikan hasil tangkapan itu hanya diam saja dan sampai akhirnya mati sendiri. Kemudian, nelayan itu berpikir, bagaimana membuat ikan tidak mati, yaitu dengan cara membuat ikan itu untuk terus bergerak. Ditaruhlah ikan hiu kecil di kolam itu. Sehingga ikan-ikan hasil tangkapan itu bergerak karena ada ikan hiu yang mengejarnya. Cara itu berhasil, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan itu berhasil hidup sampai daratan. Dan dapat dijual dalam keadaan fresh atau segar.

Jadi hikmah yang dapat kita ambil dari kisah diatas adalah bagaimanapun dan seberat apapun masalah yang kita hadapi itu bukanlah sebuah hal yang memberatkanmu dan membuatmu down dan seakan kaulah orang yang paling menderita di dunia. Tapi justru, masalah itulah yang akan membuatmu terus hidup, karena kamu harus terus bergerak untuk bertahan hidup, seperti ikan-ikan tadi. Kebanyakan orang akan terlena dengan segala kemudahan dan membuat mereka diam. Oleh karena itu keluar dari zona nyaman itu perlu, untuk membuatmu terus berpikir kreatif untuk bertahan hidup.

Dan tenanglah, Allah pun telah berfirman bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Jadi memang begitu jalannya, kesulitan dulu barulah setelah itu ada kemudahan. Benar kan?

Mari teruslah bergerak, dan jangan pernah menyerah terhadap masalah.
Diam berarti mati.
Karena kita memang memerlukan masalah untuk membuat kita menjadi pribadi yang luar biasa. :)

Semangat, mari membuat Indonesia Tersenyum (kata uda yusuf)
Mulailah dari sendiri, jadilah pribadi yang keren dan benar-benar luar biasa :)
hohoho, jangan takut, jangan nyerah, ..

Ditulis oleh Ayufi
Surabaya, 13 Februari 2013
1 : 10
*disuatu pojok kamar yang sangat nyaman 

Komentar

Posting Komentar

I will be happy reading your comment and response. Tell me what you think please :D

Postingan Populer