Ibu yang baik tak berhenti belajar

Wanita harus tetap terus belajar setinggi mungkin karena anaknya kelak berhak mendapat ibu yg pintar. Saya setuju dengan pendapat ini.

Memang tidak ada jaminan kalau punya ibu yang lulusan S3 Harvard akan berhasil mendidik anaknya dengan baik. Ada juga ibu ibu yang tidak sekolah tinggi tapi anaknya jadi anak yang soleh solehah dan sukses.

Jadi apa kuncinya menjadi ibu yang baik? Saya sendiri selalu punya ketakutan jika saya salah mendidik anak. Takut tidak bisa menjadi ibu yang baik bagi anak saya. Sebab mendidik anak adalah sebuah proses yang tak bisa diralat. 

Namun jika seorang ibu mau terus belajar dari mana saja, dari ibu dan dari mana saja saya yalin dia akan terus mengupgrade dirinya untuk bisa menjadi sebenarnya orang tua
Kalau seseorang berpikir " Ah ngapain sekolah tinggi tinggi. Ntar juga aku bakalan di rumah ngurus anak. Jadi ibu rumah tangga." 
Saya percaya terlepas ibu itu baik atau tidak dalam mendidik anak jika ibunya pintar akan ada gen kepintaran yg akan ditularkan bersama lahirnya sang anak.  Mungkin akan terlihat nanti anaknya akan punya kepercayaan diri yg beda dengan ibu biasa. Yah, itu cuma teori saya yg belum ada pembuktiaannya tapi itu saya percayai. 

Jadi jika kelak saya punya anak perempuan, saya akan mendukung pendidikannya meski akan berakhir sebagai ibu rumah tangga. Pendidikan yg baik dari segala sisi terutama agama kedua orang tua adalah kunci penting menjadi orang tua yg baik. 

Bogor, 14 Juni 2019 
05 : 50



Komentar

Postingan Populer