Wanita Mencipta Peradaban (wuiih) :D

Tadi siapa yang bilang? Laki-laki datang dari Mars, dan wanita datang dari Venus. Aku jadi penasaran, mengapa demikian? Itu tadi pendapat John Gray (kalau tidak salah).

Lebih jauh, aku ingin mengungkapkan pendapatku sendiri. Tentang emansipasi wanita. Emansipasi seperti apa yang harus kita harapkan di jaman sekarang. Dulu mungkin (sekali lagi mungkin) Kartini memperjuangkan persamaan hak wanita karena dahulu, wanita (yang bukan) keturunan ningrat, tidak diperbolehkan untuk belajar. Jelas, ini tidak adil. Aku setuju.
Tapi sekarang? Emansipasi seperti apa yang harus diharapkan lagi? Bukankah sekarang wanita bisa belajar setinggi mungkin? Menurutku, point itu saja yang harus digaris bawahi bahwa wanita memang butuh pendidikan. Pendidikan yang layak dan kalau bisa pendidikan yang tinggi.

Kau tau? Wanita belajar setinggi mungkin bukan untuk menyaingi pria. Bukan gaji yang tinggi, atau jabatan yang tinggi yang ingin dicapai. Berbeda dengan pria, yang (mungkin saja) menempuh pendidikan tinggi (salah satunya) untuk mendapat kehidupan yang layak dengan gaji yang tinggi. Tapi wanita menempuh pendidikan tinggi, karena wanita sedang menciptakan generasi yang baik.

Menurutku, meskipun nantinya seorang wanita yang ber title S3 dia hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga saja, bukanlah hal yang sia-sia pendidikannya. Kecerdasan, dan ilmu yang dia tuntut selama ini secara tidak langsung akan nurun ke keturunannya kelak. Anaknya kelak akan memiliki mental yang tidak biasa (pada dasarnya). Sehingga, bukanlah sia-sia seorang wanita belajar dan memiliki pendidikan tinggi. Orang yang berpendidikan seharusnya tau lebih banyak bagaimana membentuk generasi yang lebih baik.
Mengingat, wanita, yang nantinya menjadi seorang ibu, adalah madrasah pertama bagi anak. Penting bagi seorang wanita untuk tahu ilmu mendidik anak. 

Kalau kata cak lontong :
Mendidik wanita sama saja dengan mendidik keluarga.


Semarang, 12 Mei 2014
23:06

Ditengah mengerjakan (revision) skripsi

Komentar

Postingan Populer