KETILANG


Berangkat dari rumah tanpa ada firasat apapun. Setelah pamit, gue memacu sepeda motor kesayangan gue. Di jalan, sempet barengan sama mobil polisi di Jalan Bandungan. Nah, saat itu gue mulai rada was was. Gak tau kenapa, rasanya was was aja ada polisi. Maklum, orang salah biasanya ketakutan, kayak gue ini. Udah parno duluan kalau liat mobil polisi sama kerumunan.

Ketakutan gue terbukti, ada razia ketertiban kelengkapan bermotor di Jalan Bandungan arah ke Semarang. Pak polisi memberi isyarat untuk menepi. Gue nurut aja, dengan tampang santai dan sok cool, padahal dalam hati “ I’m a dead meat!”.

Setelah menepi, eh gue malah dicuekin. Pak polisi malah sibuk nyetopin dan meriksa motor-motor di belakang gue. Padahal gue sebenarnya udah pasrah aja kalau misalnya ditilang. Ya, emang gue salah. Gue posisi udah buka tas buat ngeluarin dompet. Nah, gue ngliat ada kesempatan nih. Depan gue ada mas mas yang celingak-celinguk ngliat ke belakang. Dia udah ngeluarin dompetnya. Tapi, karena polisinya malah sibuk ama yang dibelakang, gue ngeliat gelagat dia kayaknya mau kabur. Eh, bener. Masnya masukin dompetnya lagi ke dalam tas, dan secepat mungkin memacu gas motornya. Nah, gue ngeliat kesempatan itu. Gue mau ikutan kabur aja. Nengok ke belakang, eh polisinya masih sibuk ama yang dibelakang. Tapi, ada polisi depan gue yang baru aja datang. Dari raut mukanya sih bingung. Pasti dalam hati “ ini anak udah diperiksa belum ya?”. Biar gak dicurigain, sebelum gue gas pol, dompet yang udah gue keluarin gue pegang gak tak masukin ke tas. Alih alih biar dikira udah diperiksa. Dan gue sukses ngelewatin pak polisi di depan. Ngliat dari spion polisinya masih ngeliatin aja. Takut kalau dikejar, gas pol aja. Hahaha.

Yesss!! Gue udah SENEEEEENGGGG banget. Rasanya tuh kayak naik lumba-lumba terus terbang ke langit ke tujuh, jatuh di atas rol coaster lalu naik dinosaurus dan jatuh ke tumpukan coklat…Makan sepuasnya. (Kok gak ada yang nyambung ya? *whatever :D )

Setelah agak jauh gue baru ngerasa lega. Pokoknya SENEEEENGGG BANGET bisa lolos dari polisi untuk ke empat kalinya. Sepanjang jalan gue senyum-senyum seneng, beneran deh, gak nyangka gue bakalan lolos lagi. Dalam pikiran gue, “gue gak akan lewat jalan satu arah yang Ungaran itu. Pasti disana ada operasi juga.” Di jalan gue udah niat gak akan lewat situ. Eh, gak tau kenapa karena saking senengnya gue belok aja tuh. Dan, TET TOT. Ada polisi again, dan kali ini gue bener-bener DEAD MEAT.


Polisi yang menyetop gue ramah banget, udah rada tua, dan manggil gue ‘NDUK’. Bikin gue enggak takut. Diminta untuk ngeluarin surat-surat sama KTP. Adanya STNK sama KTP aja. Singkat cerita, gue diminta untuk nemuin polisi yang tugasnya nulis-nulis sanksi gitu. 
Saat itu terjadi percakapan rada panjang dan lama. Ini yang gue inget,

Pol : Mbak Ayukk!
Gue : Ya pak (gue maju memenuhi panggilan)
Pol : Sini-sini agak deket ke sebelah kanan saya.
Gue: (Nurutin perintah polisi dengan elegan :D)
Pol : Sudah lebih dari tujuh belas tahun kok gak punya SIM.. bla bla bla (pak polisinya ceramah)
Gue : (Ndengerin dengan hikmat)
Pol : Mbak biar gampang diselesaikan disini saja, bayar seratus ribu aja mbak.
Gue : Mahal banget pak. Sidang aja deh pak.
Pol : Saiki emang do mundak mbak. Kalau tidak mau yasudah, berarti ini surat-surat dan motornya disita ya?
Gue : Haaa?? Masak motornya disita sih pak, biasanya kan STNK nya doang. La kalau disita saya kuliahnya gimana Pak?
Pol : Naik Angkot ntar. (Gile aja, padahal gak ada angkot lewat jalan situ kali)
Gue : Biasanya kan STNK aja Pak. Saya kasih surat tilangnya aja Pak. Sidang.
Pol : Biasanya? Berarti udah pernah ? La ini diulangi lagi. (Ya belum pernah sih pak, tapi kan denger-denger gak sampai motornya disita gitu kali)
Gue : Yah pak, STNK sama KTP gak papa kalau disita. Tapi masak motor juga sih pak?
Pol : Orang yang gak punya SIM boleh mengendarai motor apa gak?
Gue : Yaa.. enggak sih.
Pol : Nah, makanya motornya disita, nanti kalau gak disita, akan diulangi lagi pake motor gak pake SIM.
Gue : (Diem beberapa saat, gue ngeluarin TAB, rencana sih emang mau search aja dasar hukumnya itu gimana? Masa iya harus motornya disita. Gile aja. )
Pak polisi melanjutkan tugasnya, ada beberapa yang melanggar dan bersedia membayar. Dan yang bikin gue rada gimanaaa gitu itu, gue ngliat pak pol nya masukin uang seratus ribu dari denda ke kantongnya kayak sembunyi sembunyi gitu. Masukin ke kantongnya. Ya, aku liatnya aneh aja. Dan semakin membuat gue untuk nolak ‘cara damai’. Pak polisi nglanjutin tugasnya, sedangkan gue dengan santainya mainan tab dipinggir. Kebetulan gugling lola banget, jadi sambil bbman deh :D.  Padahal kasus gue belum selesai kesepakatannya gimana.

Pak pol : Yaelah mbak, malah dolanan internet. Ini kalau bayar seratus ribu ada gak? Nanti surat-surat sama motornya langsung tak kembalikan.
Gue : Gak ada Pak, saya kan dari rumah pak.  (Ya ada sebenere, tapi kan buat keperluan yang lain, hehe *gak boong kan)
Pak pol : yaudah, kalau lima puluh ada gak?
Gue : Gak ada pak. Saya kan uang sakunya sedikit Pak. (hehe)
Pak pol : …… (pak polisinya ngedumel apa gitu gak jelas, tampangnya sih bête gitu. Dan akhirnya gue dikasih undangan sidang)

Gue baca disurat tilangnya, plis deh pak, disana gak ada tuh yang namanya nyita motor. Kalau yang disita motor kan curanmor. Nah, gue kan enggak. Terus baliknya, gue baca.

PERHATIAN UNTUK PELANGGAR DAN PETUGAS :
1.       Pemberi dan penerima suap untuk perkara ini diancam pasal 5 UU No. 20 Tahun 2001 Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 tentan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp. 250.000.000,- (dua ratus lima juta rupiah)

Nah itu tadi termasuk percobaan penyuapan kan. Yaiya sih, kalau cara damai gak usah ribet. Tapi kan lebih baik   masuk kas Negara dari pada kasnya petugas. Hehe (sok idealis banget). Lain kali, kalau ada polisi yang coba melakukan percobaan suap (dan pas lagi Mood rebut sama pak pol, eh bukan ngajak ribut, maksudnya ngingetin ^,^v), gue bilang aja gini “ Pak anda telah melakukan pelanggaran pasal 5 UU No 20.” Haha Skakmat pasti pak pol nya.

Tapi, tetep gue setuju kok, kalau yang nglanggar wajib memenuhi konsekuensi membayar denda. :D

_Ambarawa_

Komentar

Postingan Populer